Bedah Buku Nandur Ngunduh

Minggu, 21 Juni 2020 telah terlaksana bedah buku “Nandur Ngunduh; dari Pemikiran ke Aksi Perubahan, Tawaran untuk Organisasi Swadaya Masyarakat”.

Acara ini diadakan secara daring oleh Penerbit Peneleh. Bedah buku yang judulnya diambil dari filosofi Jawa ini dihadiri sekitar 50 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari akademisi hingga praktisi pemberdayaan dan pembanguna desa. Filosofi Nandur Ngunduh ini merupakan kunci untuk kita menguak semua kejadian yang kita alami dan kita saksikan.

Hubungan sebab akibat dari konflik sosial, sumber daya alam, bencana alam apabila di telaah akan bermuara pada dampak perbuatan manusia.

Buku yang tebalnya 269 halaman ini ditulis oleh Arijanto Komari, MPH untuk mengabadikan pengetahuan dan pengalaman selama bekerja di UNICEF dan melakukan pengabdian dan pengembangan masyarakat khususnya masyarakat desa.

Narasumber pembedah adalah orang-orang yang sudah ahli di bidangnya, yaitu Iggrid Kolb Hindarmanto (Jerman), Dr. Willy yang keduanya memiliki pengalaman bekerja di UNICEF sekaligus sahabat dari Penulis buku. Selain itu hadir juga Dr. Muhammad Sulhan, S.I.P,MSi Dosen di Departemen Ilmu Komunikasi UGM.

Diskusi berjalan dengan penuh khidmad, meski hanya via daring, diskursus kritis menjadi penyedap suasana, tak jarang juga pembedah memberikan kritik kepada penulis.

Materi power point acara dapat diunduh di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *