Catatan Bedah Buku Netnography: Understanding to Constructing Social Reality

penerbit.urup.or.id, Malang- Siang ini, 09.40 WIB, melalui aplikasi Zoom Meeting, Penerbit Peneleh melangsungkan diskusi dan bedah buku netnografi yang ditulis oleh instruktur Kelas Netnografi Peneleh Reasearch Institute.

Dr. Anita Kristina, salah satu penulis yang juga pembicara, mengatakan bahwa netnografi ini adalah metode etnografi yang diguniakan untuk mengeksplorasi dunia maya, “Metode netnografi ini bisa digunakan sebagai metode interpretasi, bahkan sampai konstruksi…” lanjut beliau.

Pemateri selanjutnya, Dr. La Ode Sumail, lebih jauh menjelaskan tentang metode mengintai dalam netnografi. Metode ini, beliau menjelaskan, membantu peneliti untuk mengidentifikasi komunitas online, “Apa yang diinteraksikan pengguna media sosial… netnografi membantu menjelajah kedalaman komunitas online, yang menghubungkan lingkungan sosial…” papar beliau.

Prof. Drs. Tjiptohadi Sawarjuwono M.Ec., Ph.D., Ak.. dan Prof. Evangelos Afendras membedah buku dengan sangat mendalam. Banyak sampaian penting beliau yang membuat peserta merasa mendapat kesempatan berharga hadir dalam acara ini.

Prof. Tjip, panggilan akrab beliau, memberi ulasan penting tentang metode netnografi ini. Beliau menyampaikan bahwa buku yang dibedah ini menjelaskan tentang apa itu netnografi, bagaimana cara mengumpulkan data, dan bagaimana untuk menginterpretasikan data.

“There are so many research paradigm in netnography, these should be understood by netnographer(s)…” sambung beliau.

Dilanjut pembedah kedua, Prof. Evangelos Afendras, International Peneleh Ambassador dari Yunari, banyak membahas tentang isu-isu di media sosial. Menurutnya, isu-isu tersebut hanyalah strategi marketing, “… Negative input of social media is marketing, it is stupidity design,” tegasnya.

Acara yang diikuti 74 peserta dari berbagai daerah dan istitusi ini, yang kebanyakan merupakan dosen dan mahasiswa, terdapat sesi serah terima jabatan Direktur Peneleh research Institute. Jabatan ini diserahkan oleh Ibu Dr. Ari Kamayanti kepada Ibu Ayudia Sokarina, SE., MSA., Ak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *